Kamis, 21 Juli 2011

Boneka Ciptaan Edison merekam suara tertua



Salah satu ide awal  yang digagas oleh Thomas Alva Edison adalah fonograf yang berupa perekam audio untuk  boneka bicara , yang berbentuk cincin silinder . alat out dibuat oleh Edison pada 123 tahun yang lalu atau tepatnya pada tahun 1888. Baru baru ini , para peneliti telah berhasil memulihkan rekaman suara kondisi mainan nak anak itu yang ada didalamnya pun bisa didengarkan .  Pada rekaman  itu, ternyata terdapat suara seorang wanita yang tengah mendendangkan lagu nina bobo” Twinkle  , twinkle little  star.”

“  Diperkirakan ini adalah artis profesional pertama ,” kata patrick Feaster, seorang sejarawan dari Indiana universisty Bloomington.Para sejarawan percaya bahwa suara itu adalah milik wanita yang diperkerjakan Edison sekitar  dua tahun sebekum akhirnya boneka tersebut dilepas`ke pasar. Boneka tersebit memiliki rekaman suara tertua  di Amerika Serikat.
Sebenarnya rekaman tersebut sudah  di temukan sejak 1967 diantara arsip yang ada di Thomas Edison national historic  park yang terletak di West Orange . Namun ,cinicn silinder yang panjangnya 2,5 inci itu begitu bengkok dan rusak , maka rekaman suara boneka  itu  awalnya tidak bisa dimainkan.


Namun, setelah lebih dari empat dekade , para ilmuwan  dari lawrence  barkeley national laboratory  di berkeley kalifornia menggunakan analisis image menggunakan scanner optik 3D  pada pita rekaman timah itu , dan membuat model  digital yang kemudian yang digunakan untuk mereproduksi  rekaman suara itu sebagai sebuah file digital .

Alhasil, kini rekaman suara yang berusia 123 tahun itu kini  dapat dinikmati kembali.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar