Kamis, 21 Juli 2011

Keutamaan Berpuasa di bulan Ramadhan



      Ramadhan adalah bulan yang penuh dengan kebaikan dan barokah . Allah S.W.T memberikan keutamaan  yang sangat banyak di bulan ini, diantaranya adalah.

  1. Ramadhan  adalah bulan  Al Quran
         Allah menurunkan kitab Nya yang mulia sebagai petunjuk bagi umat manusia, obat bagi kaum muslimin , membimbing kepada jalan yang lurus diturunkan pada malam lailatul qadr , suatu malam dibulan ramadhan yang penuh dengan kebaikan. Allah berfirman  yang artinya  :
“  Beberapa hari yang ditentukan itu adalah bulan ramadhan , bulan yang diturunkannya Alqur’an  sebagai petunjuk bagi manusia , dan penjelasan bagi petunjuk itu , dan pembeda diantara yang haq dan yang bathil. Karena itu , barang siapa diantara kamu yang hadir ( di negeri tempat tinggalnya )  dibulan itu, maka hendaknya ia berpuasa dibulan itu,  dan barangsiapa yang sakit atau dalam perjalanan ( lalu dia berbuka ) , maka wajib baginya berpuasa sebanyak HARI YANG DITINGGAlkannya itu  pada hari hari yang lain . Allah menghendaki kemudahan bagimu  dan tidak menghendaki kesukaran  bagimu . dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya,  dan hendaknya kamu mengagungkan Allah atas  petunjuk Nya  yang diberikan kepadamu , supaya kamu bersyukur” ( QS Albaqorah :185)


  1. Dibelenggunya Syaithan ditutupkan pintu pintu neraka dan dibukakan pintu pintu surga
        Pada bulan itu kejelekan menjadi sedikit , karena dibelenggu dan diikatnya jin jin jahat   dengan rantai , belenggu, dan asfhad. Mereka tidak bisa leluasa merusak manusia sebagaimana leluasanya mereka dibulan yang lain , karena kaum muslimin sibuk dengan puasa sehingga hancurlah syahwat ,  dan juga karena bacaan Alqur’an serta seluruh ibadah yang mengatur dan membersihkan jiwa .Allah Berfirman:
‘ Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang orang sebelum kamu , agar kamu bertaqwa . “ ( QS Albaqarah 183 ).
      Maka dari itu , ditutupnya pintu pintu jahanam dan dibukakan pintu surga , disebabkan  karena pada bulan itu  amal amal sholih banyak dilakukan  dan uacapan ucapan baik yang melimpah ruah.
    Rasulullah bersabda
“  jika datang bulan ramadhan , maka dibukalah pintu pintu surga dan ditutup  pintu neraka dan dibelenggu  setan “ ( HR Bukhary – Muslim )

  1. Bulan pengampunan dosa
         Sebagaimana sabda rasulullah
       “ Barangsiapa yang berpuasa dibulan ramadhan dengan penuh keimanan dan  mengharap ridho Allah , maka akan diampuni dosa dosa yang telah lalu ‘( HR Muslim dari Abu hurairah )
Dan juga sabdanya
“ Sholat lima waktu , dari jumat yang satu ke jumat yang berikutnya  , dari ramadhan yang satu ke bulan ramadhan yang berikutnya adalah  penghapus dosa  yang  terjadi diantaranya , apabila  di jauhi dosa dosa besar ‘ ( HR Muslim dari Abu Hurairah )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar