Sabtu, 25 Desember 2010

Pencemaran Lingkungan: Jenis Jenis dan Pencegahannya

Pencemaran Merupakan Penambahan segala macam Subtansi Ke lingkungan yang berakibat  Menganggu atau Merugikan manusia Atau makhluk hidup lainnya . Pencemaran Lingkungan Disebabkan oleh bahan pencemar yang disebut Polutan.  Suatu zat dapat Menjadi Polutan jika Kadarnya Melebihi Batas Normal.. Pencemaran dapat Dibedakan Menjadi 4 macam , yaitu Pencemaran tanah , Pencemaran Udara, Pencemaran air, dan Pencemaran Suara. 
        Pencemaran Air dapat terjadi karena Masuknya Makhluk hidup lain Ke dalam air . Pencemaran air juga dapat Diartikan sebagai Proses Perubahan tatanan air yang Disebabkan Oleh Aktivitas manusia atau Faktor alam Sehingga Menyebabkan  kualitas air turun dan air menjadi  tak berguna lagi . Pencemaran air dapat Menyebabkan terjadinya Penurunan kualitas air. Penurunan Kualitas Air ditandai Dengan adanya Perubahan Warna  bau  dan rasa.
         Pencemaran air dapat Membahayakan   kesehatan manusia dan makhluk hidup lainnya . akibat yang Ditimbulkan oleh pencemaran tertentu  yang diantaranya adalah pencemaran         fisik , misalnya oleh Limbah panas dari buangan pabrik yang menyebabkan suhu Perairan Meningkat sehingga menyrbabkan kematian hewan dan tumbuhan.
          Pelepasan gas dari Zat zat telah beracun lain yang  radioaktif, baik Disengaja maupun tidak, yang Mencemarakan atmosfer menimbulkan polusi udara . Sumber Penting pencemaran Udara Berasal dari alam adalah gas Metan (CH4) dan COyang Berasal dari rawa rawa.   Contoh dari Pencemaran Udara antara lain Pemanasan Global , Hujan asam, dan penipisan Lapisan ozon.
         Polutan yang mencemari tanah antara lain berasal dari limbah Rumah tangga dan industri . Pencemaran tanah dapat Menyebabkan menurunnya Tingkat kesuburan tanah dan terjadinya Erosi.
        Suara suara yang Melebihi suara Normal  yang didengar  mannusia biasa Disebut Dengan Polusi Udara.  Sumber Pencemaran Suara antara lain adalah suara Mesin pabrik , kendaraan Bermotor, dan Suara Musik Keras. Akibat dari Pencemaran Suara antara lain adalah meningkatnya gangguan Pernapasan dan tekanan darah.
         Pencemaran Lingkungan merupakan Suau hal yang tak dapat dihindari. Adapun hal yang dapat kita lakukan dalam rangka menanggulangi pencemaran lingkungan  pertama, Melakukan Pendidikan lingkungan dan menumbuhkan  etika Lingkungan .  Menumbuhkan etika Lingkungan merupakan salah satu cara Mencegah Pencemaran Lingkungan . Etika Lingkungan merupakan  suatu kebijakan Moral manusia  dalam Memandang lingkungan Sekitarnya. Kedua,   Menegakkan Hukum dan Undang undang.  Indonesia telah menetapkan UU Nomor  3 tahun 1997 tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup.  Undang Undang tersebut  dibuat Untuk mencegah Terjadinya Kerusakan Lingkungan.
        Hal  tersebut tak akan bisa Terwujud tanpa kerjasama dari Semua pihak dalam rangka Mencegah terjadinya Pencemaran Lingkungan . oleh karena itu kita perlu menanamkan Sikap Cinta Terhadap lingkungan Sejak Dini dan  menjaga  ekosistem yang terdapat di lingkungan .tersebut.

Sumber  : LKS Utama Biologi



 
     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar