Rabu, 08 Desember 2010

Keuntungan Dan Kerugian Penerapan Bioteknologi

      
      Penerapan Bioteknologi pada Berbagai Bidang Kehidupan telah dapat dirasakan manfaatnya bagi manusia .  Makanan dan Minuman yang dibuat melalui proses  fermentasi ternyata memudahkan proses pencernaan oleh tubuh dan meningkatkan nilai gizi.  Sebagai contoh,  tempe dan tapai telah mengalami  perubahan strukur sehingga lebih lunak dan  mudah  di cerna oleh tubuh kalian .  Zat Tepung dari singkong atau beras  telah diubah menjadi  Zat gula dan alkohol  dalam tapai. Bagi Tubuh kalian, zat gula  merupakan bahan makanan yang siap diserap oleh darah , kemudian diedarkan oleh tubuh.  Pembuatan minuman berfementasi , misalnya yoghurt , sangat bermanfaat bagi kesehatan. Karena  didalamnya hidup banyak sekali bakteri  Yang menguntungkan  apabila berada di usus besar manusia.
         Peragian Glukosa menjadi alkohol terjadi karena kerja enzim enzim pada sel sel ragi  .  Alkohol banyak terdapat pada air tapai.  Selain Menghasilkan alkohol , proses  peragian juga menghasilkan Karbon dioksida dan energi ( Panas ). Bir juga merupakan hasil peragian yang bahan bakunya berupa biji bijian. Biji bijian itu lebih dahulu dikecambahkan , kemudian dikeringkan dan dibuatkan tepung.  Tepung yang dibuatkan Ragi akan mengalami fermentasi dan menghasilkan bir.
          Selain membawa manfaat ternyata penerapan bioteknologi  dapat mendatangkan akibat buruk terhadap lingkungan maupun manusia.  Pembuatan tahu dan tempe dalam skala besar  dapat menghasilkan  limbah yang mencemari lingkungan .   limbah dari pabrik  tape dan tahu  antara lain berupa timbunan ampas dan kulit kedelai yang dapat menimbulkan bau busuk.
          Akibat lain penerapan bioteknologi yang lebih berbahaya  ialah produksi secara besar besaran minuman beralkohol . Alkohol merupakan zat yang dapat menimbulkan gangguan pada tubuh apabila diminum.  Minuman beralkohol dapat meracuni dan merusak sel sel  otak dan hati sehingga kerja system saraf dan hati menjadi terganggu.  Akibatnya  , daya tahan tubuh menurun, nafsu makan berkurang,  daya ingat dan daya pikir menurun , hilangnya keseimbangan gerak , menurunkan kecepatan reaksi terhadap rangsang.   Akibat terakhir itu sangat berbahaya bagi  pengendara kendaraan bermotor yang meminum minuman beralkohol saat mengemudi.

Sumbet :  Konsep dan penerapan Sains Biologi 3

2 komentar:

  1. mantabs sob..sepertinya tugas2 ni dmasukkin di blog ini..hehehe

    follow sukses gan no.15 follow balik ya...

    BalasHapus