Kamis, 20 Oktober 2011

Pelajaran Berharga dari Imam Asy-Syafi’i



 Nama Beliau adalah Muhammad , dan kunyahnya Abu Abdillah.  Nama lengkap beliau adalah Abu Abdillah  Muhammad bin Idris bin Al Abbas bin Ustman bin Syafi’i bin As Sa’ib bin Ubaid bin Abdi Yazid bin Hisyam bin Al Muthalib bin Abdi Manaf bin Qushay bin Kilab AL Quraysi Al Muthallibi Asy- Syafi’i  Al Makki Al Ghazi.  Beliau dilahirkan hari jumat siang , dihari terakhir bulan rajab , pada tahun 150 H, di desa Ghaza ( Disini lebih dikenal dengan sebutan Gaza) . Sebuah desa yang terletak disebelah selatan palestina , dan berbatasan dengan Negeri Syam ( Sekarang Lebanon) dari Arah Mesir. Tidak lama kemudian, ibunya membawanya ke kota Asqalan , sebuah kota yang terletak tudak jauh dari Ghaza dan terhitung ,masih satu propinsi.
    
Pendidikan Beliau Selama Di makkah
      Beliau menjalani pendidikan masa kecilnya di sebuah kuttab ( Madrasah anak anak ). Beliau bercerita : Dahulu aku dimadrasah anak anak . aku mendengarkan seorang guru sedan menalqinkan ( Mendiktekan) ayat kepada seorang anak ,   maka aku menghapalkannya . Dan sungguh aku menghapal semua yang telah didiktekan .’’
Pada Usia 7 tahun , beliau telah hapal Alqur’an   . Kemudian setelah menyelasaikan pendidikan di tingkat madrasah , beliau belajar di Masjidil Haram. Belajar kepada para ahli Fiqih dan ahli hadist  yang ada disana ,sehingga beliau menjadi yang paling unggul dalam masalah Fiqih. .
       Pada usia 10 tahun beliau telah hapal kitab Al Muwaththo  karya Imam Malik sebelum belajar kepada Imam Malik . Al imam As syaf’I juga pergi ke perkampungan arab badui dari bani Hudzail untuk belajar bahasa arab yang masih asli dan nuga belajar ilmu sastra dalam bahasa arab .kemudian menjadi orang pandai dalam dua bidang tersebut .

Pendidikan Beliau Diluar Mekkah
Pada usia 20 tahun beliau  mengadakan Rahlah ( perjalanan menuntut ilmu ) keluar kota makkah, dan belajar kepada para ulama diberbagai nrgeri . Dikota Madinah , beliau belajar kepada Imam Malik  dan menyetorkan hapalan kitab AL Muwaththo karya Imam malik Sendiri.  Di Negeri Yaman beliau belajar kepada Muthorrif bin Mazin , Hisyam bin Yusuf AlQhodiy dan lain  lain.

Keteladanan Beliau

    Ketawadhuan Beliau
Al Imam As syafi’i adalah seorang yang rendah hati ( Tawadhu ) . beliau pernah berkata  Aku ingin  apabila manusia mempelajari ilmu ini- maksudnya kitab kitab beliau, hendaknya mereka tidak menyandarkan sesuatu  pun dari kitab kitab tersebut kepadaku”.


Kewibawaan Beliau
Al Imam As syafi’i adalah seorang yang memiliki kewibawaan dihadapan manusia , sampai dikatakan oleh Ar  rabi Bin sulaiman ( teman dan murid beliau ) berkata “ Demi Allah , aku tidak berani untuk meminum air tatkala As Syafi’i melihat kepadaku , Karena segan kepadanya.

Keteladanan beliau dalam mengisi Waktu malam
Al Imam As Syafi’i membagi waktu malamnya menjadi tiga bagian , sepertiga malam  yang pertama untuk menulis , sepertiga  malam yang kedua untuk shalat  dan sepertiga malam untuk Tidur.

Mutiara Hikmah beliau
1.     Beliau pernah bersyair
      Aku pernah mengadukan kepada Waki’ ( Guru beliau ) tentang  jeleknya hapalan
Maka beliau membimbingku untuk meninggalkan  perbuatan maksiat
Dan berkata  , “ ketahuilah bahwa ilmu adalah cahaya  Dan cahaya Allah Tidak diberikan kepada pelaku maksiat.

2.     Barangsiapa ingin agar Allah membukaka pintu hatinya atau meneranginya , maka dia harus meninggalkan pembicaraan yang tidak bermanfaat, menghindarkan diri dari perbuatan maksiat dan menyembunyikan amalan yang dikerjakan antara dia dan Allah . Jika Ia mengerjakan hal tersebut , maka Allah akan membukakan ilmu baginya yang akan menyibukkan dia dari yang lainnya . Sesesungguhnya kematian terdapat perkara yang menyibukkan
3.     Yang dinamakan dengan ilmu itu adalah sesuatu yang bisa memberi kemanfaatan dan tidaklah yang dinamakan dengan dengan ilmu itu adalah sesuatu yang sekedar dihapal.

Sumber : Buletin Al Ilmu
               


Tidak ada komentar:

Posting Komentar