Selasa, 21 Juni 2011

Plus Minus Facebook





Dari sekian banyak jejaring sosial yang beredar di internet ,mungkin Facebook adalah yang paling dikenal  pengguna internet . masing masing jejaring sosial itu memiliki tujuan , ciri khas, dan komunitas tersendiri.  Sebagai seorang muslim hendaknya kita berteman dengan  “  para penjual minyak wangi “  daripada “ para pandai besi”

Definisi facebook  Dan Sejarahnya

     Facebook adalah sebuah layanan Jejaring Sosial dan situs Web yang diluncurkan  pada bulan Februari 2004  yang dioperasikan dan dimiliki oleh Facebook,Inc.   pada   Januari  2011 , Facebook memiliki lebih dari 600 Juta pengguna aktif .  Pengguna dapat membuat Profil pribadi,  menambahkan pengguna lain  sebagai teman dan bertukar pesan,termasuk pemberitahuan otomatis ketika  memperbahurui Profilnya. Selain itu,  pengguna juga dapat bergabung  dengan grup pengguna yang memiliki tujuan tertentu ,diurutkan berdasarkan  tempat kerja, sekolah perguruan tinggi, atau karekteristik lainnya.

Nama layanan ini berasal dari  nama buku yang diberikan  pada mahasiswa  pada tahun akademik pertama   oleh administrasi universutas di AS dengan tujuan membantu mahasiswa  mengenal satu sama lain . Facebook memungkinkan  setiap orang berumur minimal  13 tahun menjadi  pengguna terdaftar di situs ini.
     Facebook ddidirikan oleh  Mark Zuckerberg bersama temannya dan sesama mahasiswa ilmu komputer : Eduardo Saverin, Dustin Moskovitz , dan  Chris Hughes .

Keanggotaan situs web ini hanya terbatas untuk mahasiswa  Harvard  saja, kemudian di perluas di Perguruan tinggi lain. Situs ini secara perlahan membuka diri  kepada mahasiswa  di Unervesitas lain sebelum  di buka untuk  siswa sekolah Menengah atas dan akhirnya  untuk setiap orang yang berusia minimal 13 tahun [1]
     Pergerakan  dan popularitas Facebook semakin tumbuh dari hari ke hari . dari berbagai penjuru , warga dunia menggunakan fasilitas ini termasuk Indonesia . sehingga menurut Statistik , pada 16 maret 2009  pukul 14.00 WIB , ada  2. 235. 280 orang yang menyatakan warga Indonesia ada di facebook[2].


Plus minus facebook
     Facebook ini ibarat  sebuah pisau , bisa bermanfaat  bila digunakan untuk hal hal yang bermanfaat  tetapi bisa juga membawa Bahaya.facebook  bisa digunakan sebagai wadah silaturahmi  di dunia maya , berdakwah, menimbah ilmu, dan sebagainya.  Namun Sebaliknya  facebook juga bisa digunakan sebagai ladang maksiat ,berikut  ini penjelasannya lebih terperinci
 
1.Manfaat  facebook
    
  Diantara manfaat facebook:
1..       Sebagai Sarana dakwah
       Facebook bisa digunakan sebagai sarana dakwah  yang bagus ditengah keringnya ilmu dan  Inforamsi tentang islam yang benar , sehingga betapa banyak orang yang mendapatkan hidayah  disebabkan membaca artikel di Facebook atau diskusi di Facebook.

2. Wadah Silaturahmi
 Facebook bisa digunakan sebagai wadah untuk menyambung  silaturahmi antara sesama teman, guru, orang tua, kerabat , murid, dan  ajang untuk mencari  kawan lebih banyak  lagi yang itu hukum asalnya  adalah boleh boleh saja .
3.Menyimpan tulisan
       Tulisan  yang disimpan di Komputer  bukan tidak mungkin tidak  akan hilang  saat komputer terkena virus. Akan tetapi , jika disimpan di facebook , maka file tersebut tetap akan selamat  account masih aktif. .

3. Keburukan facebook

Diantara  keburukan Facebook Diantara lain adalah membuat kita kecanduan dalam menggunakannya dan Menggunakan facebook Sebagai ladang maksiat seperti Untuk Berghibah , Fitnah, Gosip, dan lain Sebagainya

4. Etika Berfacebook
  Facebook adalah Jejaring Sosial . Itu berati kita hidup dalam Kawanan pertemanan. Maka Etika etika pergaulan harus diperhatikan .Etika yang harus diperhatikan oleh seorang Muslim Ketika tsedang Berfacebook adalah Menjadikan Facebook Sebagai ladang pahala . Mengatur waktu. Dan Menjaga kata kata.

Sumber: Majalah Al furqon


    


[1] Lihat http;//id. Wikipedia.org/wiki/facebook
[2] Facebook  Sebelah Surga Sebelah Neraka hlm. 9-21  karya Yuniardi  Syukur




Tidak ada komentar:

Posting Komentar