Micrososft Word dapat digunakan untuk Membuat Halaman Web Sederhana . Dalam latihan ini kita akan membuat halaman web yang berisi beberapa Hyperlink . Hyperlink dapat digunakan untuk pergi kealamat web Tertentu hanya dengan mengklik alamat Web tersebut.
Ketika kita membuat dokumen biasa, tampilannya adalah Print Layout. Nah, untuk membuat Dokumen web Kita perlu menggantinya dengan Klik View > Web Layout.
Memilih Tema
Tema atau Theme merupakan suatu kesatuan elemen Design dan Skema warna seperti gambar, latar belakang , daftar , warna Hyperlink , tabel, heading style dan sebagainya . Untuk memilih tema langkah langkahnya adalah sebagai berikut.
Klik Menu Format, kemudian pilih Theme
Kemudian pilih tema yang anda inginkan Dengan Mengklik Choose a theme
Kemudian Klik Ok
Lalu ketikkan judul halaman , misalnya Internet Link. Atur huruf dan warna sesuai dengan selera anda.
Beri sebuah garis mendatar dengan langkah langkah berikut
Klik Disamping Teks Internet Links
Pilh Ikon Border
Kemudian Klik Horizontal Line.
Bila perlu , tambahkan foto atau hal hal yang dianggap perlu . misalnya, alamat email anda.
Membuat tabel
Untuk membuat teks Terlihat rapih, kita dapat mengaturnya kedalam bentuk tabel. Adapun langkah langkahnya adalah sebagai berikut.
Buatlah tebel, misalnya 2 X 10
Kemudian Ketiklah beberapa Link yang anda inginkan
Kemudian Klik Menu table > Table autoFormat
Kemudian klik salah satu tabel Style yang anda inginkan. Setelah itu tekan OK
Menyimpan File dengan Format HTML
Setelah Selesai mengatur halaman web , selanjutnya simpan File tersebut dengan format HTML agar bisa dibuka dengan Mozilla Fiefox. Langkahnya adalah sebagai berikut.
Klik Menu File Kemudian Klik Save as
Tentukan nama Drive, Folder, dan nama Filenya
Pada Save as Type Piilih Web Page (*.htm;*html) .
Kemudian Klik Save
Selanjutnya file tersebut bisa dibuka dengan Mozilla Firefox.
Masa Lampau tidak semuanya meninggalkan jejak jejak, padahal Jejak tersebut menjadi komponen penting dalam usaha menuliskan sejarah kehidupan manusia . Jejak Jejak kehidupan tersebut mengandung informasi yang dapat dijadikan bahan untuk Penulisan sejarah . kisah Sejarah tersebut disampaikan dari generasi generasi dan dapat dipelihara .baik secara material, tulisan, maupun lisan.
Tidak semua sejarah dapat dijadikan sebagai bahan peneltian sejarah. Jejak sejarah adalah hasil peninggalan masa lampau yang menurut sejarawan memiliki atau mengandung informasi tentang tentang kejadian bersejarah sehingga dapat digunakan untuk menyusun penulisan sejarah .
Jejak Sejarah dapat berwujud benda atau berupa jejak tertulis . Jejak tertulis merupakan rekaman tertulis dalam tradisi masyarakat di berbagai daerah di indonesiadapat dapat dibagi menjadi Tiga hal.
1.Sumber Tertulis Sezaman dan Setempat
Pengertian Sumber Tertulis Sezaman adalah Suatu keterangan yang ditulis oleh orang yang berasal dari Waktu yang sama ( Sezaman ) dengan peristiwa itu terjadi atau ditulis Tidak Terlalu lama setelah Peristiwa itu Berlangsung. Selanjutnya, pengertian Sumber Sejarah setempat adalah Sumber tertulis yang Dibuat Oleh orang orang yang berada dilingkungan peristiwa itu terjadi . Jadi, sumber Tertulis yang Dibuat Oleh orang orang yang berada dilingkungan peristiwa itu terjadi. Jadi, Sumber Tertulis Sezaman dan Setempat adalah suatu bahan informasi sejarah yang dibuat sezaman dan oleh orang orang yang berada dilingkungan dimana peristiwa itu terjadi.
Contoh Sumber Tertulis Sezaman Dan Setempat adalah Prasasti. Prasasti merupakan peninggalan tertulis pada masa lampau yang dipahatkan Pada batu atau logam . Prasasti Merupakan Dokumen resmi Yang dikeluarkan oleh Raja maupun pejabat tinggi Kerajaan. Prasti sebagian berisi penetapan sebuah daerah menjadi perdikan atau anugerah raja kepada pejabat.
Prasasti yang Ditemukan di Indonesia , diantaranya menggunakan berbagai macam bahasa , diantaranya sebagai berikut.
1.Bahasa Sanskerta
Prasasti dengan menggunakan bahasa Sanskerta , umumnya digunakan oleh Kerajaan kerajaan di Indonesia yang tumbuh pada abad 4 sampai abad Ke 9. Misalnya , prasasti Yang Diperlihatkan pada tiang batu hasil peninggalan kerajaan kutai dan Prasasti peninggalan Kerajaan Tarumanegara
2.Bahasa Jawa Kuno
Prasasti dengan menggunakan bahasa Jawa Kuno dipakai pada abad Ke 9, Misalnya Prasasti Kedu dan Prasasti Mantyasih peninggalan Kerajaan Mataram Kuno.
3.bahasa Melayu Kuno
Prasasti Dengan Menggunakan Bahasa Melayu Kuno dijumpai didaerah Sumatera . Misalnya Prasasti Telaga Batu peninggalan Kerajaan Sriwijaya
4.Bahasa Bali Kuno
Prasasti dengan menggunakan bahasa Bali Kuno digunakan pada prasasti peninggalan Kerajaan kerajaan Di bali. Prasasti yang Menggunakan bahasa Bali Kuno misaknya Prasasti Julah dan Ugrasena.
Selain dalam Bentuk Prasasti, sumber tertulis sezaman dan setempat ini dapat digali dari hasil karya sastra , antara lain sebagai berikut.
a.Arjuna Wiwaha Karya Empu Kanwa. Kitab Ini mengenai perkawinan Raja Airlangga Dengan putri dari kerajaan Sriwijaya.
b.Negara Kertagama karya karya Empu Prapanca . Kitab Ini menjelaskan tentang Silsilah raja raja Majapahit.
Selain Kitab tersebut masih banyak karya sastra yang mumcul pada zaman pada masa Hindu Budha . Selanjutnya, pada masa islam juga lahir karya sastra terkenal , seperti Amir Hamzah dan Seribu satu Malam.
Sumber Tertulis Sezaman Tidak Setempat
Pengertian Sumber Tertulis Sezaman Tidak Setempat adalah rekaman peristiwa sezaman tapi ditulis Oleh orang orang Bukan dari Penduduk Setempat. Sumber sejarah Seperti itu pada umumnya berupa laporan perjalanan. Mereka menulis hal itu karena ada hal yang menarik atau unik. Akan tetapi , ada juga penulisan itu karena perintah raja untuk menandai adanya hubungan antarkerajaan.
Penulisan Laporan Karena Perintah raja dapat ditemui Pada Berita dari Cina pada masa Dinasti Ming yang Menceritakan hubungan Cina dengan kerajaan Sriwijaya ( San- fo-tsi) . Pada masa Dinasti Tang Dapat Dijumpai Pemberitaan Kerajaan Melayu.
3. Sumber Tertulis Setempat Tidak Sezaman
Pengertian Sumber Tertulis Setempat Tidak Sezaman adalah rekaman tertulis Tradisi sejarah masyarakat Indonesia yang ditulis pada masa masa yang Telah berbeda , tetapi masih pada tempat yang sama. Penulisannya berdasarkan dari cerita dari mulut Ke Mulut , Contohnya adalah babad Tanah Jawi
Sumber : Wawasan Sejarah 1 Untuk Kelas X SMA/MA , Tiga SErangkai
Kerajaan Samudra Pasai merupakan kerajaan Islam Pertama Di Indonesia. Kerajaaan itu merupakan Hasil proses Islamisasi di daerah pantai yang pernah disinggahi Oleh para pedagang muslim dari Arab , Persia , dan India Sejak abad Ke 7 dan 8 M.. Munculnya kerajaan itu disebabkan oleh kemunduran kerajaan maritime Sriwijaya.. Kerajaan Samudra Pasai didirikan oleh Malikul Saleh. Sebelum menganut agama Islam , ia bernama Merah Sile atau Marah Selu , Putra Marah Gajah yang merupakan seorang bangsawan dari Pasai ( Marah merupakan gelar para bangsawan di Pasai) . Kerajaan Samudera Pasai Terletak di Muara sungai Peusangan di pesisir Timur Aceh.
Raja Pertama Kerajaan Samudera Pasai adalah Malikul saleh. Pada Masa pemerintahannya , kerajaan Samudera Pasai berkembang menjadi besar dan penting artinya bagi perdagangan mancanegara. Kerajaan Samudra Pasai dapat berkembang menjadi besar karena terletak di Jalur lalu lintas pelayaran dan perdagangan dunia, yaitu perairan Selat Malaka. Oleh karena itu , banyak pedagang dari India, Gujarat, dan Cina datang Ke Samudera Pasai.
Berkat kemajuan Perdagangan , Samudra Pasai berkembang menjadi kerajaan yang makmur dan memiliki pertahanan yang kuat. Guna memperluas pengaruhnya , Sultan Malikul Saleh Berupaya menguasai daerah Pedalaman . Daerah yang berhasil dikuasai , antara lain Tamiang, Perlak, dan Takus. Daerah tersebut akhirnya masuk Islam. Setelah Malukul Saleh Wafat, ia dimakamkan di Samudra Pasai. Di atas makamnya di bangun batu nisan yang bercirikan Islam. Batu Nisan Tersebut berangka tahun 635 Hijriah atau 1297 Masehi. Batu nisan Inilah yang menjadi Petunjuk bagi kita bahwa Samudera Pasai merupakan Kerajaan Islam Pertama di Indonesia . Penggantinya adalah putranya yang Bernama Malikul Tahir. Pada masa pemerintahannya , singgah seorang musafir dari Maroko yang bernama Ibnu Batutah.. Kemudian Sultan Malikul Tahir digantikan oleh Malik As Zhahir . Malik As ahaleh memiliki dua orang putra yang bernama Malik Al Mahmud dan Malik al Mansyur. Ketika Masih kecil Keduanya diasuh oleh Sayid Ali Ghiatuddin dan Sayid Asmayuddin. Kedua orang putranya itulah yang kelak mewarisi takhta kerajaan dan kedua pengasuhnya itu menjadi perdana menteri. Ibu kota kerajaan Samudera Pasai pernah di Lhoksumawe.
Kehidupan Sosial Masyarakat kerajaan Samudera Pasai diatur berdasarkan ajaran Islam atau hukum Islam. Dalam Pelaksanaanya terdapat banyak persamaan dengan kehidupan Sosial Masyarakat arab. Hal itu disebabkan oleh pengaruh dari para pedagang Islam dari Persia, Arab, dan India yang sejak abad ke 7 dan abad ke 8 telah singgah di Samudra Pasai. Karena kehidupan sosial kerajaan Samudra Pasai mempunyai banyak persamaan dengan kehidupan sosial masyarakat Arab, Sehingga daerah itu mendapat julukan Serambi Mekah.
Kehidupan Ekonomik kerajaan samudra Pasai menitikberatkan Kepada sektor perdagangan , Karena Kerajaan Samudra Pasai terletak di Jalur Pelayaran dan Perdagangan Dunia , Yaitu Selat Malaka. Keadaan itu juga sangat mendukung kreativitasnya masyarakatnya untuk terjun Langsung ke Bidang Perdagangan . Pada masa Pemerintahan malik Al saleh , Kerajaan Samudera Pasai berkembang menjadi Kerajaan yang makmur dan memiliki pertahanan yang sangat kuat . Guna mengamankan diri dari serangan kerajaan Siam yang daerahnya meliputi semenanjung Malaya, Kerajaan Samudra Pasai mengadakan hubungan langsung dengan Kerajaan Cina.
Perkembangan ekonomi masyarakat Kerajaan Samudra Pasai yang Sangat Pesat menjadi perhatian dan sekaligus menjadi incaran dari kerajaan lain sekitarnya . Setelah Kerajaan Samudra Pasai dikuasai Oleh kerajaan Malaka, maka pusat perdagangan di pindahkan ke Bandar Malaka.
Sebagai Kerajaan Maritim, Samudra Pasai tidak ditemukan peninggalan budaya. Benda hasil kebudayaan di Kerajaan Samudra Pasai , Seperti batu nisan atau jirat putri raja Pasai yang didatangkan dari Gujarat. Jadi Kerajaan samudra Pasai tidak ditemukan hasil budaya masyarakat asli setempat.
Sumber:
Sejarah 2 SMA/MA , Penerbit Bumi Aksara
Pengetahuan Sosial Sejarah Untuk Kelas 1 SMP / Mts, Tiga Serangkai
Sejak agama Islam dan Kebudayaan islam memasuki Indonesia terjadilah proses Islamisasi terhadap masyarakatnya . Bersamaan dengan Proses Islmisasi, mulai terjadi proses perubahan sosial budaya kea rah pembentukan budaya baru yang bernapasakan islam . Sebelum kedatangan agama dan kebudayaan islam, budaya Indonesia bercorak Hindu dan Budha . Dengan masuknya budaya Islam Ke Indonesia terjadilah proses Integrasi kebudayaan Hindu- Budha dengan kebudayaan Islam. Dalam proses integrasi tidak terjadi ketegangan diantara ketiga unsure agama dan kebudayaan tersebut. Hal itu disebabkan tokoh tokoh islam pada masa itu tidak bersikap memusuhi agama Hindu Budha , bahkan menggunakan unsure unsure tersebut untuk mempermudah dakwah islam . Adapun peninggalan peninggalan sejarah yang bercorak Islam dalam Kebudayaan Indonesia antara lain sebagai berikut .
1. Masjid
Masjid adalah tempat umat islam melakukan Shalat. Masjid memliki ukuran besar sehingga mampu banyak orang dalam melakukan Shalat berjamaah . Selain Bangunan Masjid, ada juga bangunan langgar atau surau yang umumnya digunakan untuk salat sehari hari dalam jumlah kecil . bentuk dan susunan masjid dan surau sama yaitu berbujur sangkar dengan tambahan bangunan serambi didepannya . Masjid dan surau juga dilengkapi Mihrab atau tempat imam memimpin Shalat. Sebelah kanan Mihrab terdapat mimbar tempat Khatib memberikan Khutbah. Masjid di Indonesia menghadap ke timur karena arah kiblatnya adalah barat.
Masjid masjid Kuno di Indonesia dilihat dari sudut arsitekturnya mempunyai ciri khusus , yaitu mempunyai atap bertingkat. Gaya Masjid yang atapnya bertingkat tersrbut sebenarnya merupakan cirri khas bangunan di Indonesia. Bangunan bertingkat itu merupakan tiruan tradisi seni bangunan candi .
Selain Unsur budaya hindu Budha yang masih dilanjutkan, unsure daerah dan unsure asing juga ikut serta memberikan pengaruh pada bentuk bangunan masjid di Indonesia
a. Di Minangkabau , unsure–unsur rumah gadang bertujuan untuk menambah keindahan atap Tumpeng.
b. Masjid Kebon Jeruk di Jakarta di pengaruhi oleh seni bangunan belanda
c. Pintu gerbang Masjid Sumenep memperlihatkan Pengaruh Inggris
d. Masjid Agung Palembang dipengaruhi seni bangunan Tionghoa
2.Keraton
Keraton merupakan tempat tinggal raja atau sultan bersama keluarganya. Keraton Berfungsi selain sebagai tempat bertemu Raja dan Rakyat , juga untuk membahas suatu Permasalahan dengan para pejabat kerajaan.
Sejak Zaman Madya di Indonesia banyak berdiri Keraton . Di Indonesia pada awalnya berdiri kerajaan Hindu- Budha sehingga bangunan keraton bercorak Hindu Budha . Dengan Berdirinya kerajaan Islam D Indonesia, tradisi membangun kraton masih tetap dilanjutkan Akibatnya , Keraton pada masa kerajaan Islam juga terpengaruh oleh seni Bangunan Hindu Budha.
3. Kaligrafi
Kaligrafi adalah seni tulisan Arab yang digunakan sebagai hiasan. Seni Kaligrafi biasanya banyak terdapat pada dinding dinding masjid terutama pada bagian mihrab, menara , dan juga pada nisan nisan kubur Bercorak Islam.
4. Seni sastra dan Pemikir Sastra
Perkembangan Budaya Islam di Indonesia juga berpengaruh terhadap karya sastra sehingga muncul karya karya sastra yang bernapaskan Islam. Seorang ahli tasawuf dan ulama Islam terkenal yang aktif menyebarkan islam di pulau Sumatera, Hamzah Fansyuri banyak menulis buku sastra yang bernapaskanb islam . Buku buku karya Hamzah Fansyuri banyak memuat ajaran tasawuf, yaitu ajaran ketuhanan yang telah bercampur dengan hal hal mistis dan magis.
Dilihat dari corak dan isinya , kesusastraan yang berkembang sejak kedatangan Islam di Indonesia ( Zaman Madya ) dapat di bedakan menjadi bebrapa jenis, antara lain sebagai berikut
Penerapan Bioteknologi pada Berbagai Bidang Kehidupan telah dapat dirasakan manfaatnya bagi manusia . Makanan dan Minuman yang dibuat melalui proses fermentasi ternyata memudahkan proses pencernaan oleh tubuh dan meningkatkan nilai gizi. Sebagai contoh, tempe dan tapai telah mengalami perubahan strukur sehingga lebih lunak dan mudah di cerna oleh tubuh kalian . Zat Tepung dari singkong atau beras telah diubah menjadi Zat gula dan alkohol dalam tapai. Bagi Tubuh kalian, zat gula merupakan bahan makanan yang siap diserap oleh darah , kemudian diedarkan oleh tubuh. Pembuatan minuman berfementasi , misalnya yoghurt , sangat bermanfaat bagi kesehatan. Karena didalamnya hidup banyak sekali bakteri Yang menguntungkan apabila berada di usus besar manusia.
Peragian Glukosa menjadi alkohol terjadi karena kerja enzim enzim pada sel sel ragi . Alkohol banyak terdapat pada air tapai. Selain Menghasilkan alkohol , proses peragian juga menghasilkan Karbon dioksida dan energi ( Panas ). Bir juga merupakan hasil peragian yang bahan bakunya berupa biji bijian. Biji bijian itu lebih dahulu dikecambahkan , kemudian dikeringkan dan dibuatkan tepung. Tepung yang dibuatkan Ragi akan mengalami fermentasi dan menghasilkan bir.
Selain membawa manfaat ternyata penerapan bioteknologi dapat mendatangkan akibat buruk terhadap lingkungan maupun manusia. Pembuatan tahu dan tempe dalam skala besar dapat menghasilkan limbah yang mencemari lingkungan . limbah dari pabrik tape dan tahu antara lain berupa timbunan ampas dan kulit kedelai yang dapat menimbulkan bau busuk.
Akibat lain penerapan bioteknologi yang lebih berbahaya ialah produksi secara besar besaran minuman beralkohol . Alkohol merupakan zat yang dapat menimbulkan gangguan pada tubuh apabila diminum. Minuman beralkohol dapat meracuni dan merusak sel sel otak dan hati sehingga kerja system saraf dan hati menjadi terganggu. Akibatnya , daya tahan tubuh menurun, nafsu makan berkurang, daya ingat dan daya pikir menurun , hilangnya keseimbangan gerak , menurunkan kecepatan reaksi terhadap rangsang. Akibat terakhir itu sangat berbahaya bagi pengendara kendaraan bermotor yang meminum minuman beralkohol saat mengemudi.
Ulama Mempunyai peranan yang sangat besar dalam proses awal perkembangan islam diindonesia . Para Ulama sangat aktif menyebarkan agama islam di berbagai wilayah diindonesia . para ulama yang sangat berjasa menyebarkan agama islam dipulau jawa adalah Wali sanga atau Wali Sembilan .Wali adalah Sebutan bagi orang orang yang pengetahuan dan penghayatan agama islamnya sudah mencapai sangat dalam dan sanggup untuk berjuang untuk kepentingan agama islam tersebut. Disamping mempunyai peranan `yang sangat besar dalam penyhebaran agama islam dipulau jawa , Wali sanga juga sangat berperan sebagai penasihat raja dan pendukung raja raja islam yang Berkuasa , bahkan ada yang Menjadi raja seperti Sunan Gunung Jati.
1 April 1933, Mangkunegoro VII dan Sarsito Mangunkusuo mendirikan SRV ( Solossche Radio Vereenging ) di Surakarta. SRV sebagai pelopor timbulnya siaran radio yang Diusahakan oleh Bangsa Indonesia Sendiri. Sedangkan radio Siaran yang pertama diusahakan oleh Hindia Belanda tanggal 16 juni 1925 bernama BRV ( Bataviasche Radio Vereenging) di Jakarta . Badan badan radio yang lainnya adalah
- NIROM: Nederlanch Indische Radio Omroep Mij dijakarta , bandung, dan Medan
- MAVRO: Mataramse Vereenging Voor Radio Omroep di Yogyakarta
Atas usaha M. Sutarjo Kartohadiku dan Sarsito Mangunkusumo tanggal 24 Maret 1937 didirikan PPRK ( Persatuan Perkumpulan Radio Ketimuran ) di bandung dengan tujuan berupaya memajukan kesenian dan kebudayaan nasional guana kemajuan masyarakat Indonesia secara Jasmani dan Rohani.
Pada masa pendudukan Jepang , Penyelenggaraan radio ditangani oleh Hoso Kanri Kyoko. Perkembangan radio merosot karena semua radio diarahkan untuk kepentingan Militer Jepang. Pada awal kemetdekaan , radio Berperan menyebarkan Berita Proklamasi.
Tanggal 11 September 1945 diadakan rapat di Jakarta yang dipimpin oleh Abdurrachman Saleh dan dihadiri oleh 16 Pemimpin dari Jakarta, Bandung, Purwokerto, Semarang , Yogyakarta , dan Surakarta. Adapun hasilnya adalah sebagai Berikut
Menetapkan tanggal 11 September 1945 sebagai hari lahirnya RRI
Semua Yang hadir Menyatukan diri sebagai pegawai RRI
Pusat RRI dijakarta
Abdurrachman Saleh Dipilih sebagai Pemimpin Umum RRI
Cabang RRI yang pertama adalah Jakarta, Bandung, Surakarta, Purwokerto, Semarang , Malang, Yogyakarta , dan Surabaya
Semboyan RRI “ Sekali di udara tetap diudara”
Tahun 1974 satsiun radio swasta niaga bergabung Dalam wadah PRSSNI( Persatuan Radio Siaran Swasta Nasional Indonesia ) . tahun 1984, RRI mendapatkan Penghargaan dari The Population Institute ( Lembaga Kependuduan ) Yang Berpusat di Washington , karena siaran sandiwara radionya terbaik se- Asia yang Berjudul Butir butir pasir Di laut
Setelah Merdeka siaran luar Negeri Indonesia di kenal dengan nama Voice Of Indonesia ( Suara Indonesia ) . RRI ditunjang oleh MMTC ( Multimedia Training Center ) yang bertujuan untuk mendidik dan melatih para karyawan.
Adapun fungsi radio sejak ditemukan sampai sekarang adalah
Hiburan
Pendidikan
Propaganda
Pembangunan ( menyampaikan Hasil hasil pembangunan )
Sumber : Sejarah Untuk Kelas XII SMA/MA program IPA