Minggu, 19 Desember 2010

Sejarah Masyarakat Indonesia Pada Masa Pra Aksara

-->

       Masa Lampau tidak semuanya  meninggalkan jejak jejak,  padahal Jejak tersebut menjadi komponen  penting dalam usaha menuliskan sejarah kehidupan manusia .  Jejak Jejak kehidupan tersebut mengandung informasi yang dapat dijadikan bahan untuk Penulisan sejarah . kisah Sejarah tersebut disampaikan dari  generasi generasi dan dapat dipelihara .baik secara material, tulisan, maupun lisan. 
    Tidak semua sejarah dapat dijadikan  sebagai bahan peneltian sejarah.   Jejak sejarah adalah hasil peninggalan masa lampau yang menurut sejarawan memiliki atau mengandung informasi  tentang tentang kejadian  bersejarah  sehingga dapat digunakan untuk menyusun penulisan sejarah .
     Jejak Sejarah dapat berwujud benda  atau berupa  jejak tertulis . Jejak tertulis merupakan  rekaman tertulis  dalam tradisi masyarakat di berbagai  daerah  di indonesia dapat dapat dibagi menjadi Tiga hal.

1.Sumber Tertulis Sezaman dan Setempat
        Pengertian Sumber Tertulis Sezaman  adalah Suatu keterangan  yang ditulis oleh orang yang berasal dari Waktu yang sama ( Sezaman )  dengan peristiwa itu  terjadi atau  ditulis Tidak Terlalu lama setelah Peristiwa itu Berlangsung. Selanjutnya, pengertian Sumber Sejarah setempat  adalah Sumber tertulis  yang Dibuat Oleh  orang orang  yang berada dilingkungan peristiwa itu  terjadi . Jadi,  sumber Tertulis  yang Dibuat Oleh orang orang yang berada  dilingkungan peristiwa itu terjadi.  Jadi, Sumber  Tertulis Sezaman  dan Setempat  adalah  suatu bahan informasi sejarah yang dibuat  sezaman  dan oleh  orang orang yang berada  dilingkungan dimana peristiwa itu terjadi.
    Contoh Sumber  Tertulis Sezaman Dan Setempat adalah Prasasti. Prasasti merupakan peninggalan tertulis pada masa lampau yang dipahatkan Pada batu atau logam . Prasasti Merupakan Dokumen resmi Yang dikeluarkan oleh Raja maupun pejabat tinggi Kerajaan.  Prasti sebagian berisi penetapan sebuah daerah  menjadi perdikan atau  anugerah raja kepada pejabat.
          Prasasti yang Ditemukan  di Indonesia , diantaranya menggunakan berbagai macam bahasa , diantaranya sebagai berikut.

1.      Bahasa  Sanskerta
          Prasasti dengan menggunakan bahasa Sanskerta , umumnya  digunakan oleh Kerajaan kerajaan di Indonesia yang tumbuh  pada abad 4  sampai abad Ke 9. Misalnya , prasasti Yang Diperlihatkan pada tiang batu hasil peninggalan kerajaan kutai dan Prasasti peninggalan Kerajaan Tarumanegara

2.      Bahasa Jawa Kuno
          Prasasti dengan menggunakan bahasa Jawa Kuno dipakai pada abad Ke 9, Misalnya Prasasti Kedu dan  Prasasti Mantyasih peninggalan Kerajaan Mataram Kuno.

3.      bahasa Melayu Kuno
         Prasasti Dengan Menggunakan Bahasa Melayu Kuno dijumpai didaerah  Sumatera . Misalnya Prasasti Telaga Batu peninggalan Kerajaan Sriwijaya

4.      Bahasa Bali Kuno
          Prasasti dengan menggunakan bahasa   Bali Kuno digunakan pada prasasti peninggalan Kerajaan kerajaan Di bali.  Prasasti yang Menggunakan bahasa Bali Kuno misaknya Prasasti Julah dan Ugrasena.
         Selain dalam Bentuk Prasasti,  sumber tertulis sezaman dan setempat ini  dapat digali dari hasil karya sastra , antara lain sebagai  berikut.
a.       Arjuna Wiwaha Karya Empu Kanwa.  Kitab Ini mengenai perkawinan Raja Airlangga Dengan  putri dari kerajaan  Sriwijaya.
b.       Negara Kertagama karya karya Empu Prapanca . Kitab Ini menjelaskan tentang Silsilah raja raja Majapahit.
         Selain Kitab tersebut masih banyak karya sastra yang mumcul pada  zaman pada masa Hindu Budha .  Selanjutnya, pada masa  islam juga lahir  karya sastra terkenal , seperti Amir Hamzah dan Seribu satu Malam.


  1. Sumber Tertulis Sezaman Tidak Setempat
        Pengertian Sumber Tertulis Sezaman Tidak Setempat adalah rekaman peristiwa sezaman tapi ditulis Oleh orang orang Bukan dari Penduduk Setempat. Sumber sejarah Seperti itu pada umumnya berupa laporan perjalanan. Mereka menulis hal itu karena ada hal yang menarik atau unik.   Akan tetapi , ada juga penulisan itu karena perintah raja untuk menandai adanya hubungan antarkerajaan.
         Penulisan Laporan Karena Perintah raja dapat ditemui  Pada Berita dari Cina  pada masa Dinasti Ming yang Menceritakan hubungan Cina  dengan kerajaan Sriwijaya ( San- fo-tsi)  . Pada masa Dinasti Tang Dapat Dijumpai Pemberitaan Kerajaan Melayu.

3.  Sumber Tertulis Setempat Tidak Sezaman
      Pengertian Sumber Tertulis Setempat Tidak Sezaman adalah rekaman tertulis Tradisi sejarah masyarakat Indonesia yang ditulis pada masa masa yang Telah berbeda , tetapi masih pada tempat yang sama.  Penulisannya berdasarkan dari cerita dari mulut Ke Mulut , Contohnya adalah babad Tanah Jawi

Sumber :  Wawasan Sejarah 1 Untuk Kelas X SMA/MA , Tiga SErangkai



Selasa, 14 Desember 2010

Samudra Pasai : Kerajaan Islam Pertama Di Indonesia



          Kerajaan  Samudra  Pasai merupakan kerajaan Islam Pertama Di Indonesia.   Kerajaaan itu merupakan Hasil proses  Islamisasi di daerah pantai yang pernah disinggahi Oleh para pedagang muslim dari Arab , Persia , dan India   Sejak abad Ke  7 dan  8 M.. Munculnya kerajaan itu disebabkan oleh kemunduran kerajaan maritime Sriwijaya.. Kerajaan Samudra Pasai didirikan oleh Malikul  Saleh.   Sebelum menganut  agama Islam , ia bernama Merah  Sile atau Marah Selu , Putra Marah Gajah yang merupakan seorang bangsawan dari Pasai (  Marah merupakan  gelar para bangsawan di Pasai) .  Kerajaan  Samudera Pasai Terletak di Muara sungai Peusangan di pesisir  Timur Aceh.  
        Raja Pertama Kerajaan Samudera Pasai adalah  Malikul  saleh.  Pada Masa pemerintahannya , kerajaan Samudera Pasai berkembang  menjadi  besar dan penting artinya bagi perdagangan mancanegara.   Kerajaan Samudra Pasai  dapat berkembang  menjadi besar karena terletak di Jalur lalu lintas pelayaran dan perdagangan dunia, yaitu perairan Selat Malaka.   Oleh karena itu , banyak pedagang  dari India, Gujarat, dan   Cina datang Ke Samudera Pasai.
      Berkat kemajuan Perdagangan  ,  Samudra Pasai  berkembang menjadi kerajaan yang makmur dan memiliki pertahanan yang kuat. Guna memperluas pengaruhnya , Sultan Malikul  Saleh Berupaya menguasai daerah Pedalaman  .  Daerah yang berhasil dikuasai  , antara lain Tamiang,  Perlak, dan Takus.  Daerah tersebut   akhirnya masuk Islam.   Setelah Malukul Saleh  Wafat, ia  dimakamkan di Samudra Pasai. Di atas makamnya di bangun batu nisan yang bercirikan Islam.   Batu Nisan Tersebut berangka tahun 635 Hijriah  atau 1297 Masehi.  Batu  nisan Inilah yang menjadi Petunjuk bagi kita bahwa Samudera Pasai merupakan Kerajaan Islam Pertama di Indonesia . Penggantinya adalah putranya yang Bernama Malikul Tahir.  Pada masa pemerintahannya  , singgah seorang musafir dari Maroko yang bernama Ibnu Batutah.. Kemudian Sultan Malikul Tahir digantikan oleh Malik As Zhahir .  Malik As ahaleh  memiliki dua orang putra yang bernama  Malik Al Mahmud dan  Malik al Mansyur.  Ketika Masih kecil Keduanya diasuh oleh Sayid Ali Ghiatuddin dan Sayid Asmayuddin.   Kedua orang putranya itulah yang kelak mewarisi takhta kerajaan dan kedua pengasuhnya itu menjadi perdana menteri.  Ibu kota kerajaan Samudera Pasai  pernah di Lhoksumawe.
         Kehidupan Sosial Masyarakat kerajaan Samudera Pasai diatur  berdasarkan ajaran  Islam atau hukum  Islam. Dalam  Pelaksanaanya terdapat banyak persamaan dengan  kehidupan Sosial Masyarakat arab.   Hal itu disebabkan oleh pengaruh dari para pedagang Islam  dari Persia, Arab,  dan India yang sejak  abad ke 7 dan abad ke 8 telah  singgah di Samudra Pasai.  Karena kehidupan  sosial kerajaan Samudra Pasai mempunyai banyak persamaan dengan kehidupan sosial masyarakat Arab,  Sehingga daerah itu  mendapat julukan Serambi Mekah.
           Kehidupan Ekonomik kerajaan samudra Pasai menitikberatkan Kepada  sektor perdagangan , Karena Kerajaan Samudra Pasai terletak di Jalur  Pelayaran dan Perdagangan Dunia , Yaitu Selat Malaka.  Keadaan itu juga sangat mendukung kreativitasnya  masyarakatnya untuk terjun Langsung ke Bidang Perdagangan .    Pada masa Pemerintahan malik Al saleh , Kerajaan Samudera Pasai berkembang menjadi Kerajaan yang makmur dan memiliki pertahanan yang sangat kuat . Guna mengamankan diri dari serangan kerajaan Siam yang daerahnya meliputi semenanjung Malaya,  Kerajaan Samudra Pasai mengadakan hubungan langsung dengan  Kerajaan Cina. 
        Perkembangan ekonomi masyarakat Kerajaan Samudra Pasai yang Sangat Pesat menjadi  perhatian dan sekaligus menjadi incaran dari kerajaan lain  sekitarnya .  Setelah Kerajaan Samudra Pasai dikuasai  Oleh kerajaan Malaka, maka  pusat perdagangan di pindahkan ke Bandar Malaka.
          Sebagai Kerajaan Maritim,  Samudra Pasai tidak ditemukan peninggalan budaya. Benda hasil kebudayaan di Kerajaan Samudra Pasai , Seperti  batu nisan atau  jirat putri raja Pasai yang didatangkan dari Gujarat.  Jadi Kerajaan samudra Pasai  tidak ditemukan  hasil budaya masyarakat asli setempat.

Sumber:
Sejarah 2 SMA/MA  , Penerbit Bumi Aksara
Pengetahuan Sosial  Sejarah Untuk Kelas 1 SMP /  Mts,  Tiga Serangkai

Rabu, 08 Desember 2010

Peninggalan Sejarah Bercorak Islam di Berbagai Daerah

Sejak agama Islam dan Kebudayaan islam memasuki Indonesia terjadilah proses Islamisasi terhadap masyarakatnya . Bersamaan dengan Proses Islmisasi, mulai terjadi proses perubahan sosial budaya kea rah pembentukan budaya baru yang bernapasakan islam . Sebelum kedatangan agama dan kebudayaan islam, budaya Indonesia bercorak Hindu dan Budha . Dengan masuknya budaya Islam Ke Indonesia terjadilah proses Integrasi kebudayaan Hindu- Budha dengan kebudayaan Islam. Dalam proses integrasi tidak terjadi ketegangan diantara ketiga unsure agama dan kebudayaan tersebut. Hal itu disebabkan tokoh tokoh islam pada masa itu tidak bersikap memusuhi agama Hindu Budha , bahkan menggunakan unsure unsure tersebut untuk mempermudah dakwah islam . Adapun peninggalan peninggalan sejarah yang bercorak Islam dalam Kebudayaan Indonesia antara lain sebagai berikut .

1. Masjid
Masjid adalah tempat umat islam melakukan Shalat. Masjid memliki ukuran besar sehingga mampu banyak orang dalam melakukan Shalat berjamaah . Selain Bangunan Masjid, ada juga bangunan langgar atau surau yang umumnya digunakan untuk salat sehari hari dalam jumlah kecil . bentuk dan susunan masjid dan surau sama yaitu berbujur sangkar dengan tambahan bangunan serambi didepannya . Masjid dan surau juga dilengkapi Mihrab atau tempat imam memimpin Shalat. Sebelah kanan Mihrab terdapat mimbar tempat Khatib memberikan Khutbah. Masjid di Indonesia menghadap ke timur karena arah kiblatnya adalah barat.
Masjid masjid Kuno di Indonesia dilihat dari sudut arsitekturnya mempunyai ciri khusus , yaitu mempunyai atap bertingkat. Gaya Masjid yang atapnya bertingkat tersrbut sebenarnya merupakan cirri khas bangunan di Indonesia. Bangunan bertingkat itu merupakan tiruan tradisi seni bangunan candi .
Selain Unsur budaya hindu Budha yang masih dilanjutkan, unsure daerah dan unsure asing juga ikut serta memberikan pengaruh pada bentuk bangunan masjid di Indonesia
a. Di Minangkabau , unsure–unsur rumah gadang bertujuan untuk menambah keindahan atap Tumpeng.
b. Masjid Kebon Jeruk di Jakarta di pengaruhi oleh seni bangunan belanda
c. Pintu gerbang Masjid Sumenep memperlihatkan Pengaruh Inggris
d. Masjid Agung Palembang dipengaruhi seni bangunan Tionghoa

2.Keraton
Keraton merupakan tempat tinggal raja atau sultan bersama keluarganya. Keraton Berfungsi selain sebagai tempat bertemu Raja dan Rakyat , juga untuk membahas suatu Permasalahan dengan para pejabat kerajaan.
Sejak Zaman Madya di Indonesia banyak berdiri Keraton . Di Indonesia pada awalnya berdiri kerajaan Hindu- Budha sehingga bangunan keraton bercorak Hindu Budha . Dengan Berdirinya kerajaan Islam D Indonesia, tradisi membangun kraton masih tetap dilanjutkan Akibatnya , Keraton pada masa kerajaan Islam juga terpengaruh oleh seni Bangunan Hindu Budha.

3. Kaligrafi
Kaligrafi adalah seni tulisan Arab yang digunakan sebagai hiasan. Seni Kaligrafi biasanya banyak terdapat pada dinding dinding masjid terutama pada bagian mihrab, menara , dan juga pada nisan nisan kubur Bercorak Islam.

4. Seni sastra dan Pemikir Sastra
Perkembangan Budaya Islam di Indonesia juga berpengaruh terhadap karya sastra sehingga muncul karya karya sastra yang bernapaskan Islam. Seorang ahli tasawuf dan ulama Islam terkenal yang aktif menyebarkan islam di pulau Sumatera, Hamzah Fansyuri banyak menulis buku sastra yang bernapaskanb islam . Buku buku karya Hamzah Fansyuri banyak memuat ajaran tasawuf, yaitu ajaran ketuhanan yang telah bercampur dengan hal hal mistis dan magis.
Dilihat dari corak dan isinya , kesusastraan yang berkembang sejak kedatangan Islam di Indonesia ( Zaman Madya ) dapat di bedakan menjadi bebrapa jenis, antara lain sebagai berikut

Keuntungan Dan Kerugian Penerapan Bioteknologi

      
      Penerapan Bioteknologi pada Berbagai Bidang Kehidupan telah dapat dirasakan manfaatnya bagi manusia .  Makanan dan Minuman yang dibuat melalui proses  fermentasi ternyata memudahkan proses pencernaan oleh tubuh dan meningkatkan nilai gizi.  Sebagai contoh,  tempe dan tapai telah mengalami  perubahan strukur sehingga lebih lunak dan  mudah  di cerna oleh tubuh kalian .  Zat Tepung dari singkong atau beras  telah diubah menjadi  Zat gula dan alkohol  dalam tapai. Bagi Tubuh kalian, zat gula  merupakan bahan makanan yang siap diserap oleh darah , kemudian diedarkan oleh tubuh.  Pembuatan minuman berfementasi , misalnya yoghurt , sangat bermanfaat bagi kesehatan. Karena  didalamnya hidup banyak sekali bakteri  Yang menguntungkan  apabila berada di usus besar manusia.
         Peragian Glukosa menjadi alkohol terjadi karena kerja enzim enzim pada sel sel ragi  .  Alkohol banyak terdapat pada air tapai.  Selain Menghasilkan alkohol , proses  peragian juga menghasilkan Karbon dioksida dan energi ( Panas ). Bir juga merupakan hasil peragian yang bahan bakunya berupa biji bijian. Biji bijian itu lebih dahulu dikecambahkan , kemudian dikeringkan dan dibuatkan tepung.  Tepung yang dibuatkan Ragi akan mengalami fermentasi dan menghasilkan bir.
          Selain membawa manfaat ternyata penerapan bioteknologi  dapat mendatangkan akibat buruk terhadap lingkungan maupun manusia.  Pembuatan tahu dan tempe dalam skala besar  dapat menghasilkan  limbah yang mencemari lingkungan .   limbah dari pabrik  tape dan tahu  antara lain berupa timbunan ampas dan kulit kedelai yang dapat menimbulkan bau busuk.
          Akibat lain penerapan bioteknologi yang lebih berbahaya  ialah produksi secara besar besaran minuman beralkohol . Alkohol merupakan zat yang dapat menimbulkan gangguan pada tubuh apabila diminum.  Minuman beralkohol dapat meracuni dan merusak sel sel  otak dan hati sehingga kerja system saraf dan hati menjadi terganggu.  Akibatnya  , daya tahan tubuh menurun, nafsu makan berkurang,  daya ingat dan daya pikir menurun , hilangnya keseimbangan gerak , menurunkan kecepatan reaksi terhadap rangsang.   Akibat terakhir itu sangat berbahaya bagi  pengendara kendaraan bermotor yang meminum minuman beralkohol saat mengemudi.

Sumbet :  Konsep dan penerapan Sains Biologi 3

Minggu, 05 Desember 2010

Peranan Ulama dalam proses Awal Perkembangan Islam di Indonesia

        Ulama Mempunyai peranan yang sangat besar dalam proses awal perkembangan islam diindonesia  .  Para    Ulama  sangat aktif menyebarkan agama islam  di berbagai wilayah  diindonesia . para ulama yang sangat berjasa menyebarkan agama islam dipulau jawa adalah  Wali sanga  atau Wali  Sembilan .Wali  adalah Sebutan bagi orang orang yang pengetahuan dan penghayatan agama islamnya sudah mencapai sangat dalam  dan sanggup untuk berjuang untuk kepentingan agama islam tersebut. Disamping  mempunyai peranan `yang sangat besar dalam penyhebaran agama islam dipulau   jawa ,  Wali sanga  juga sangat berperan sebagai penasihat raja dan pendukung raja raja islam yang Berkuasa , bahkan ada yang Menjadi raja seperti Sunan Gunung Jati.
    

Perkembangan Radio Di Indonesia


 1 April  1933,  Mangkunegoro VII dan Sarsito Mangunkusuo  mendirikan SRV (   Solossche Radio Vereenging )  di Surakarta. SRV  sebagai pelopor timbulnya siaran radio  yang  Diusahakan oleh Bangsa Indonesia Sendiri.   Sedangkan radio Siaran yang pertama  diusahakan oleh Hindia Belanda tanggal 16 juni 1925 bernama BRV ( Bataviasche Radio Vereenging) di  Jakarta .   Badan badan radio yang lainnya adalah

-   NIROM:   Nederlanch Indische Radio Omroep Mij dijakarta , bandung, dan Medan
-   MAVRO:   Mataramse Vereenging  Voor  Radio Omroep di Yogyakarta
       Atas usaha M.  Sutarjo Kartohadiku dan Sarsito Mangunkusumo tanggal 24 Maret 1937  didirikan PPRK (  Persatuan Perkumpulan Radio Ketimuran ) di bandung dengan tujuan berupaya memajukan kesenian dan kebudayaan nasional guana kemajuan masyarakat Indonesia secara Jasmani dan Rohani.
        Pada masa pendudukan Jepang , Penyelenggaraan radio ditangani oleh  Hoso  Kanri Kyoko.  Perkembangan radio merosot karena semua radio diarahkan  untuk kepentingan Militer Jepang. Pada awal kemetdekaan , radio Berperan menyebarkan Berita Proklamasi.

        Tanggal 11 September 1945  diadakan rapat di Jakarta yang dipimpin oleh Abdurrachman Saleh dan dihadiri oleh 16 Pemimpin  dari Jakarta, Bandung, Purwokerto,  Semarang , Yogyakarta , dan Surakarta. Adapun hasilnya adalah sebagai Berikut

  1. Menetapkan tanggal 11 September 1945 sebagai  hari lahirnya RRI
  2. Semua Yang hadir Menyatukan diri sebagai  pegawai RRI
  3. Pusat RRI dijakarta
  4.  Abdurrachman Saleh Dipilih sebagai Pemimpin Umum RRI
  5. Cabang RRI yang pertama adalah Jakarta, Bandung,  Surakarta, Purwokerto, Semarang , Malang, Yogyakarta , dan Surabaya
  6.  Semboyan RRI “ Sekali di udara tetap diudara”

Tahun 1974  satsiun radio swasta niaga bergabung   Dalam  wadah PRSSNI(  Persatuan Radio Siaran Swasta Nasional  Indonesia )  . tahun 1984, RRI mendapatkan Penghargaan  dari  The Population Institute (  Lembaga Kependuduan ) Yang Berpusat  di Washington , karena siaran sandiwara radionya terbaik se- Asia yang Berjudul Butir  butir pasir  Di laut

         Setelah  Merdeka siaran luar Negeri Indonesia  di kenal dengan nama Voice Of Indonesia  (  Suara Indonesia )  . RRI ditunjang oleh  MMTC ( Multimedia Training Center )   yang bertujuan  untuk mendidik dan melatih para karyawan.
Adapun fungsi radio sejak ditemukan sampai sekarang adalah
  1. Hiburan
  2. Pendidikan
  3. Propaganda
  4. Pembangunan ( menyampaikan Hasil hasil pembangunan )
Sumber :   Sejarah Untuk   Kelas XII   SMA/MA  program IPA





     

Pengertian , Jenis jenis, dan Perkembangan Teori Evolusi


Pengertian Dan Jenis jenis Evolusi
           Menurut Bahasa Kata Evolusi  berarti suatu proses perubahan yang Terjadi Perlahan  lahan  dan memerlukan waktu yang relative lama.   Proses Evolusi dapat dibedakan Menjadi  2 yaitu

1. Evolusi Progresif
          Merupakan Proses evolusi yang cenderung menuju kemungkinan dapat bertahan  hidup atau Survive
2.      Evolusi Regresif
       Merupakan  proses evolusi yang  lebih cenderung menuju kepada kemngkinan suatu spesies menuju   kepunahan

        Dobzanky  , seorsng ahli genetika membagi  evolusi menjadi tiga macam , yaitu:

1.      Evolusi Kosmik
       Dalam teori ini dijelaskan bumi yang ada sekarang berasal dari adanya ledakan galaksi yang terjadi jutaan tahun  yang lalu.  Para ahli geologi juga telah menunjukkan bahwa bumi ini  telah mengalami  perubahan perubahan Selama proses Pertumbuhannya

2.      Evolusi Biologi
       Adanya Evolusi biologi ini dibuktikan deangan ditemukannya  fosil yang mendukung teori ini baik fosil tumbuhan maupun hewan

3.      Evolusi Peradaban
        Manusia sebagai mahluk yang dibekali akal , budi, pikiran  juga mengalami evolusi. Manusia  mampu  menyesuaikan  diri dengan alam sekitarnya dengan cara memakai serta mengembangkan  teknik , pengetahuan, serta cara hidup  yang semuanya tadi  disebut peradaban

Perrkembangan Teori Evolusi
       Bermunculannya teori teori evolusi merupakan sebagai salah satu upaya untuk memadukan antara gagasan dengan yang ada pada Fakta  dilapangan. Banyak para ahli dari Zaman dahulu  yang telah memberikan sumbangan pemikiran  terhadap perkembangan Evolusi  .

1.      Thales (  5 SM)
        Yang Menyatakan bahwa air merupakan induk dan asal usul dan sumber dari segala sesuatu

2.      Anixamander (  611- 547 SM)
         Menjelaskan bahwa hidup ini berasal dari Lumpur  yang dipanaskan oleh matahari

3.            Carolus Linneaus (  1707 – 1707)
  Menjelaskan bahwa semua tumbuhan dan hewan yang ada sekarang semula dengan serentak diciptakan di atas bumi ini dengan satu  ciptaan saja.  Mereka diciptakan dalam bentuk Yang sama Seperti Sekarang ini.

Sumber:  Panduan Pembelajaran Biologi untuk SMA & MA Kelas XII