Sabtu, 25 Desember 2010

Teknologi yang Terkait Dengan Sistem peredaran darah


    Spesifikasi darah yang unik mampu dimanfaatkan dalam bermacam macam aplikasi.  Misalnya penentuan golongan darah  atau untuk meneliti Penyakit Keturunan.  Akan tetapi,  seperti bagian tubuh lainnya, darah juga dapat mengalami kelainan dan gangguan . Oleh karena itu, diperlukan juga . pengobatan untuk mengatasinya.


     Golongan  darah dan pengujian keturunan

             Golongan darah  merupakan sifat yang diwariskan . oleh sebab itu, golongan darah ayah dan ibu dapat digunakan sebagai penentu golongan darah anak.  Sebaliknya golongan darah anak dapat digunakan untuk memprediksi golongan darah orantuanya  jika terjadi sengketa mengenai siapa orang tua dari seorang anak yang diperebutkan.


    Operasi jantung dan Pembuluh darah

       Operasi jantung dan pembuluh darah pertama kali dilakukan pada tahun 1930-an.Operasi jantung mulai berkembang setelah diciptakan mesinm seperti jantung pada tahun 1953 . selama operasi jantung , jantung dibuat tidak aktif. Sebagai gantinya,  dipasanglah mesin jantung yang berfungsi menggantikan fungsi jantung , memompa, dan memberi oksigen kedalam darah .  Mesin jantung ini memiliki saluran yang berhubungan dengan vena cava dan aorta. Mula mula , pompa mesin jantung menyedot darah dari vena cava jantung ( darah kaya CO2  ) untuk dibawa menuju ke oksigenator .di oksigenator , darah Diperkaya  dengan Oksigen dan diambil Karbon dioksidanya. Darah yang sudah kaya Oksigen dan Tidak Mengandung karbon dioksida dipompa menuju aorta dan dari aorta darah terpompa kedseluruh tubuh.

        Agar darah  tidak Menggumpal selama operasi , darah diberi heparin yang merupakan senyawa antikoagulan . setelah operasi selesai  dan sirkulasi darah kembali dikendalikan oleh jantung , maka aktifitas separin dinetralkan dengan menggunakan  protamin sulfat

         Orang yang mengalami sakit jantung koroner , dapat diatasi dengan Operasi Bypass. Sakit jantung koroner merupakan sakit jantung yang diakibatkan oleh terhambatnya suplai darah ke jantung karena pembuluh darah yang membawa darah Ke Jantung tersumbat oleh lemak dan atau garam garaman. Operasi Bypass  pembuluh Koroner Merupakan Proses pencangkokan  pembuluh darah baru dari aorta menuju ke jantung.  Pembuluh darah yang dicangkokkan ini dari pembuluh darah kaki.



    Transpotasi jantung

        Transplantasi jantung adalah Mengganti jantung  pasien   yang sudah Rusak dengan jantung baru yang masih baik.  Keberhasilan transplamtasi Jantung pertama kali dilakukan pada 3 Desember 1967.  Dr. Christian Barnard mengambil jantung Seorang  pasien yaitu Louis Washkansky yang rusak dan Menggantinya dengan jantung yang masih baik Dari seorang Wanita yang Meninggal akibat Kecelakaan.. operasi ini Merupakan cikal bakal berkembangnya transpalantasi Jantung. Sampai saat ini telah Banyak berhasil Dilakuakan Transplantasi Jantung.


       jantung Buatan

          Implantasi Jantung buatan pada pasien pertama kali dilakukan oleh Barney Clark pada 2 Desember 1982, 15 tahun  serelah keberhasilan Transplantasi Jantung . jantung  buatan yang Berhasil diimplementasikan adalah jantung Buatan  yang Diberi nama Jarvik-7. nama ini Diambil dari nama pembuatnya , Yaitu Dr. Robert K. Jarvik.


Sumber:  Biologi Untuk SMA Kelas XI, Penerbit Erlangga



        


    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar